Komponen Sepeda Lengkap Dengan Penjelasannya

         
  

          Hallo sobat gowesser ketemu lagi nih dengan zieral.kali ini saya akan membahas tentang Komponen-komponen sepeda atau part sepeda Karena saya yakin masih banyak yang belum mengetahui tentang komponen sepeda dan pentingnya komponen sepeda bagi keselamatan diri sendiri.
oke cekidott langsung otw .....


1. Handlebar 

Handlebar adalah setang sepeda dan fungsinya yaitu untuk pegangan/stir kita dalam bersepeda.handlebar ini sangat penting untuk keselamatan karna kalau tidak ada handlebar kita tidak bisa mengemudikannya wkwkwkwk.


2. Handgrip / Grip     


Karet yang melekat pada handlebar dipasang pada bagian ujung stang,nah ini harus diperhatikan untuk memilih bahan grips yang tidak licin karna nanti kalau berkeringat dan bahan handgripnya licin tangan akan kepeleset ddan menjadi oblang atau bisa juga langsung jatuh.


3. Headset dan stem




- Headset adalah pengunci antara stang dengan stem,jadi ini harus diperhatikan apa bila sudah berkarat atau beringnya sudah rontok karna jika tidak ada bering leher fork akan tergores dan akhirnya sedikit demi sedikit kepotong hingga kebelah 2 (ini pengalaman saya lohh)




- Stem  adalah penghubung antara stang dengan badan sepeda yang terhubung melalui ujung fork  dikunci oleh headset. Stem berfungsi menahan fork (suspensi) depan sepeda agar tetap terikat ke rangka sepeda dan juga mengikat stang,stem ini harus diukur kepanjangannya karna kalo tidak sesuai nanti akan terjadi namanya pegel bada bahu dan tangan.


4. Rem 







- V-brake Adalah Rem dengan karet yang menjepit bagian velg / pelek (Rim) saat tuas ditarik karet akan mencengkram velg / pelek (Rim) tersebut.




- Disk Brake Mechanic     
Adalah Rem cakram, jadi karet sudah tidak menjepit bagian velg namun menjepit piringan cakram (rotor) kemudian masih mengunakan sistem kabel (kabel didalamnya kawat) Bisa dilihat seperti itu ya Untuk keselamatan anda ini si dibilang masih cukup karna untuk mengeremnya tarikannya lumayan berat mengakibatkan tangan menjadi pegal pegal.

- Disk Brake Hydrolic     
Sama seperti Disk Brake Mechanic perbedaanya hanya pada kabel rem ,diganti dengan minyak oli (kabel didalamnya minyak oli) sistem tekanan Hidrolik. Rem hidrolik sangat nyaman untuk pengereman hanya dengan ujung jari tanpa mengeluarkan banyak tenaga sudah mengerem bisa dibilang ringan dan lembut, tentu dengan perawatan yang lebih ekstra perlu dituangkan mineral oil / DOT secara berkala.


5. Minyak Mineral Oil / DOT   

 
- Rem Hidrolik memerlukan cairan. Minyak Mineral Oil di gunakan oleh kebanyakan produsen saat ini. Selain lebih ramah, jika mengenai frame (rangka sepeda) tidak merusak catnya. Tapi mineral oil memiliki kelemahan terhadap panas. Saat caliper (bagian penjepit) terlalu overheat (panas) maka akan membuat cairan mineral oil memuai sehingga cengkraman rem berkurang

- Minyak DOT memiliki kelebihan dari pada mineral oil yaitu lebih tahan panas. Tapi jangan sampai bocor mengenai rangka (frame) dll karena dapat merusak catnya 


6. Rim / Velg (velg)  


adalah bagian roda terbagi menjadi dua yaitu velg biasa dan tubeless. Pelek bagian roda yang menahan ban .untuk menjaga keselamatan agar tetep sefty kita harus memilih velg yang double wall karna kalau masih satu lapis akan berakibat fatal seperti rimsnya speleng atau patah

7. Hub set


adalah as roda yang ada di tengah - tengah roda yang mengikat ruji. Untuk bagian depan biasa disebut Hub dan yang belakang biasa disebut Free Hub. Dibedakan QR dan TA, QR atau Quick Release sebagai standar lama. TA (ThruAxle) merupakan hub model terbaru yang kuat. untuk keelamatan pastikan hubnya tidak ada yang retak maupun patah karena nanti anda tidak bisa menggoweskan sepedanya lagi hehehe.


8. Ruji / Spoke atau Jari -jari



Jari jari sangat lkkah penting untuk keselamatan karna jika tidak ada jari jari rodanya gak bisa di gowes wkwkwkwk.


9. Nipples Baut dari  jari -Jari


Yang satu ini mungsinya agar membatu merekatkan jari jari pada rims agar terpasang dan tidak longgar.


10. Rigid Fork adalah fork (suspensi depan) yang tidak ngeshock 


yang satu ini adalah untuk sepeda dirt jump atau road bike dan BMX dia tidak meredamkan getaran sama sekali jadi ya kerasa lah getarannya.


11. Suspension Fork     
suspensi depan yang ngeshock menggunakan teknologi sistem Angin, Oli dan Per. Untuk ukuran panjang (tinggi fork) bermacam - macam mulai
100mm, 120mm, 140mm, 160mm. Diatas 160mm mengunakan Double Crown dapat dilihat pada sepeda downhill kebanyakan 

12. Rear Shock adalah suspensi yang diletakan dibagian belakang dapat berupa per, atau pegas angin. Teknologi dan pengujian terus di tingkatkan

13. Crank (gigi depan) 
adalah gigi depan yang menggabung dengan pedal . Terbagi dalam 3 bagian yaitu Single Ring , Double Ring dan Triple Ring 


14. Bottom Bracket (BB)
As dari crank yang berada di tengah - tengah crank , berfungsi sebagai penyatu antara pedal kiri dengan kanan 

15. Chain (Rantai sepeda)
Yang satu ini bermacam - macam ada 6, 7 speed, 8, speed, 9 speed , 10 dan lainya. 
     

16. Seatpost 
sebuah besi yang menopang sadel (tiang penahan sadel). Ada yang biasa dan ada yang hidrolik dengan remot


17. Saddle     
tempat duduk bagi bokong kita 


18. Cassette / sprocket     
Adalah gigi belakang sepeda, bermacam - macam pula ,7 , 8 , 9 , 10 speed dan 11 speed.

19. FD (Front Deraileur) dan RD (Rear Deraileur)  
- FD adalah yang memindahkan gir bagian depan 
- RD adalah yang memindahkan gir bagian belakang


20. Clampset / Clamp     
Adalah pengunci ketinggian setapost 


21. Wheelset  (Roda satu set depan belakang)    
Yang telah tersusun oleh hub, velg dan jari jari. 

22. Tube / Tire  adalah Ban bagian luar
23. Inner Tube  adalah Ban bagian dalam

24. Tubeless (Ban sepeda tanpa ban dalam)
Kira - kira hampir sama seperti ban tubeless pada mobil. Untuk yang satu ini memerlukan Pelek (Rim) khusus untuk pemasangan ban Tubeless dan pentil tubeless. Pelek pada ban tubeless tidak memiliki celah.

25. Quick Release atau QR 
AdalahPengunci pada bagian roda, agar mudah saat dilepas maupun di pasang.

26. Rotor (Piringan Cakram)    
Dengan ukuran yang bermacam - macam 6, 7 dan 8 inchi. 

27. Presta atau Schrader
adalah jenis pentil ban sepeda, Presta nama untuk ukuran pentil kecil dan Schrader nama pentil untuk ukuran besar (Contoh : pentil motor)

28. Brake Pad
Adalah untuk rem seri discbrake penjepit cakram

29. Thru-axle     
Hampir sama seperti QR namun bentuknya slot yang disisipkan pada fork (suspensi depan). Hal ini untuk mendapatkan kehandalan dan agar roda depan tidak mudah lepas.
   
30. Frame adalah rangka sebuah sepeda.
Terdapat dua bagian yang wajib di ketahui  
- Bagian depan terdiri Top Tube (bagian atas) dan Down Tube (bagian bawah)
- Bagian belakang. Bagian bawah pada sebuah frame sepeda biasa dipanggil Chainstay sedangkan untuk bagian atas biasa disebut Seatstay

31. Shifter (Operan Gigi depan dan belakang )
Ada bermacam tingkatan operan 6, 7 speed, 8, speed, 9 speed , 10 dan lainya


Related Posts

Komponen Sepeda Lengkap Dengan Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.